Review 3d max vs blender

3D MAX

PENGERTIAN 3D MAX

3ds Max Studio merupakan salah satu software 3 dimensi yang paling populer di Indonesia. Kepopuleran tersebut diraih karena kemampuan software ini dalam mengolah proses modeling, animasi dan special effect 3 dimensi yang sangat baik dan mudah digunakan. Beberapa karya terkenal industri perfilman membuktikan bahwa 3ds Max Studio merupakan the best of 3D maker, seperti X-Men, The Matrix, Dr. Doolittle 2 dan masih banyak lagi. Software ini juga merambah industri game. Penggemar game konsol Playstation 2 tentu mengenal Guitar Hero I & II. Keduanya juga dibuat dengan menggunakan software 3ds Max Studio.
Buku ini menguraikan dengan gamblang bagaimana proses pembuatan atau modeling karakter, proses pembangunan struktur tulang hingga proses pembuatan animasi. Kelebihan buku ini terletak pada tutorial kasus yang menuntun Anda untuk menguasai 3ds Max Studio dengan cara belajar sambil bekerja (learning by doing). buku ini dapat diaplikasikan dengan menggunakan software 3ds Max Studio release 5 sampai dengan 8.

 

Metode Pemodelan Pada 3D Max

 Metode pemodelan yg ada pada 3D max diantaranya yaitu :

  •  Pemodelan dengan primitif
  •  Surface tool
  •  NURMS (subdivision surface)
  •  NURBS
  •  Pemodelan polygon

 

  • Pemodelan dengan primitif merupakan metode dasar, yaitu pemodelan dengan menggunakan bentuk-bentuk dasar atau primitif. Bentuk-bentuk dasar seperti bentuk kotak, bole, kerucut, limas, prisma silinder dan objek-objek dasar lainnya yg telah disediakan. Dalam metode ini juga, pengguna bisa menggunakan operasi Boolean, penggabungan, pemotongan maupun pengurangan. Sebagai contoh, dua bola bisa disatukan dan dapat berkerja sebagai blob, hal ini disebut sebagai pemodelan balon.
  • Pemodelan dengan Mental Ray disebut juga render engine (mesin untuk merender gambar atau video) yang terdapat pada program 3D Studio Max selain render standar pada software Default Scanline. Mental Ray sudah disesuaikan dengan program Max sehingga tidak perlu diinstal secara terpisah.

Kelebihan pada metode Mental Ray ini yaitu dapat mengkalkulasi efek global Illumination, disamping itu juga bisa menggunakan shader pada permukaan gambar atau cahaya. Selain Mental Ray ada render engine lain yaitu V-Ray, Final Render, Maxwell render, Brazil R/S dan render engine lainnya yg memiliki kecanggihan render masing-masing.

Tips Dasar Penggunaan 3D Max

Untuk pemula atau yg baru mengenal dan menggunakan aplikasi ini, jangan berharap bisa langsung membuat animasi atau desain 3d yg canggih, karena dalam merancang atau mendesain memakai software itu sangat kompleks sehingga memerlukan waktu untuk membiasakan diri menggunakan software ini. Berikut beberapa tips untuk memulai menggunakan software desain 3D secara umum :

  • Kenali spesifikasi terlebih dahulu mengenai kemampuan komputer minimal yg dibutuhkan sebelum melakukan instal.
  • Kenali icon-icon yg ada pada toolbar sebelum melakukan perancangan, seperti fungsi dan penggunaannya serta posisi pada toolbar untuk memudahkan anda dalam proses perancangan.
  • Mulailah dengan membuat bentuk-bentuk dasar seperti bola, koya, silinder dan sebagainya.
  • Gunakan render-render sederhana terlebih dahulu untuk mengetahui dan mengenal lebih jauh kecanggihan masing-masing fitur.
  • Jangan berhenti ketika ada masalah atau ketidaktahuan, tanyakan kepada orang-orang yg sudah ahli, pelajari buku-buku tentang software itu dan ikutilah tutorial yg ada. 
SEJARAH 3D Studio Max
 
         Awalnya ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005
 
FUNGSI DAN KEGUNAAN 3D MAX. 
 
  1. Architecture Design
  2. Interior Design
  3. Landscape Design
  4. Cartoon Design
  5.  Logo Design
  6. Stage Design
  7. Product Design
  8. Stand Design
  9.  Game Design
  10.  Furniture Design 
Dan masih banyak lagi keunggulan lain yang dapat kita optimalkan melalui 3d max
 
Kelebihan 3D Studio Max
  •  Mampu membuat objek Virtual secara 3 dimensi. dan bentuk dapat diubah sesuai keinginan.
  • Mampu memberikan kesan material mendekati aslinya seperti material kayu, batuan, dan tanah.
  • Mampu memberikan efek-efek khusus pada hasil akhir produk seperti efek cahaya dan bayangan, efek atmosfir seperti api, kabut dan lighting.
  • Dapat menjalankan proses animasi, gambar dapat digerakan dan dirubah bentuknya serta diatur proses animasinya.
Kekurangan 3D Studio Max
 
3D Studio max mungkin bagus untuk pemula dan dapat membuat karakter efisien dan cepat, tetapi memiliki beberapa kelemahan bahwa harus dipertimbangkan. Dibandingkan dengan Maya 3D, kemampuan untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih lama dan lebih membosankan. Membuat lanskap juga dapat sedikit karena sulit untuk kamera. Kamera memiliki kecenderungan untuk memperbesar dan keluar dengan cara kereta jika benda-benda besar diimpor atas benda kecil dalam program ini.
 

BLENDER

 

PENGERTIAN BLENDER

Blender adalah suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk modeling, teksturing, animasi, UV, wrapping, rendering, dsb yang berhubungan dengan animasi, pembuatan game objek. Aplikasi blender ini dapat digunakan untuk membuat suatu game dan animasi. Kelebihan yang dimiliki Blender adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, Karena Blender sudah memiliki Game Engine sendiri dan menggunakan Python sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll. Aplikasi blender ini bersifat open source. Aplikasi ini juga dapat dipasang pada berbagai macam sistem operasi diantaranya windows, mac OS, dan linux. Perkembangan aplikasi blender awalnya blender 1.0. saat ini sudah mencapai blender versi 2.62 yang di rilis pada tanggal 16 Februari 2012.
Banyak perubahan yang terjadi pada aplikasi ini. Pada mulanya blender versi 1.0 sampai blender versi 2.49b hanya dijadikan bahan uji coba, kemudian yang akan dijadikan pengembangan selanjutnya dari aplikasi blender ini adalah blender versi 2.50. Kemudian aplikasi blender ini menggunakan bahasa pemrograman python sebagai scripting pada suatu project yang akan kita buat dengan aplikasi blender.
Beberapa fitur unggulan blender antara lain:
– Tool simulasi tingkat lanjut
– Tool modelling berbasis modifier
– Tool animasi karakter yang handal
– Mendukung scripting menggunakan phyton.

Program ini sangat cocok untuk pembuat film, game, arsitektur, ilustrator, dan masih banyak lagi karena blender mempunyai fitur yang sangat lengkap. mulai dari modeling, rendering. Sebenarnya, dalam produksi dibutuhkan beberapa package, yaitu modeling, tekstur, animasi dan kompusiting.

 

FITUR YANG DIBUTUHKAN BLENDER

  1. Modeling. modeling adalah proses pembuatan objek 3D dengan teknik tertentu.
  2. Rigging. Rigging adalah metode pemberian/pemasangan kerangka pada objek untuk selanjutnya di animasikan.
  3. Texturing. Texturing adalah proses pemberian gambar tertentu pada permukaan objek agar terkesan lebih realistis.
  4. Simulasi. Dengan menggunakan fitur simulasi ini, anda akan bisa membuat objek berinteraksi dengan objek lainnya seperi dunia nyata. tabrakan, berat, elastisitas dan kekuatan bisa anda atur sedemikian rupa. selain itu, andapun bisa membuat animasi air, api maupun asap dengan simulasi ini…
  5. Rendering. rendering adalah proses review pada scene. hasil dari pemberian tekstur, cahaya dan lainnya pada scene akan terlihat ketika dirender.
  6. Compositing. compositing adalah proses penggabungan. inilah kelebihan blender dari program 3D lainnya, yaitu mempunyai fitur composting.
  7. Game Creator. anda bisa membuat game dengan fitur ini.

Blender merupakan suatu software untuk membuat suatu grafik 3D dari pembuatan objek 3D, pembuatan animasi 3D sampai pembuatan Game 3D. Untuk pembuatan dasar objek 3D di blender ini dengan cara membuat sebuah geometri objek yang ada pada tampilan pada pilihan mesh.
Terdapat banyak macam geometri dasar seperti :
– Plane
– Cube
– Circle
– UVSphere
– IsoSphere
– Cylinder
– Cone
– Grid
– Monkey
– Mesh
– Torus

 

Sejarah Blender

Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.

Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.

Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.

Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License. 

Kelebihan Blender 3D

– Kelebihan umum: Opensource, gratis, multi platform, lebih ringan.

– Kelebihan spesifik: 

1.Sculpting mudah tanpa 3rd party (kalo di Max kan pake Zrbush);
2.Bisa bikin game (ada engine game, pake python)
3.Bisa video editing.
Kekurangan Blender 3D

-UI yang tidak ramah
– Tidak ada plugin-plugin
-Tidak ada biped (rangka tulang untuk pergerakan).

 

REFERENSI :

http://bagusfirman.blogspot.com/2013/01/3d-studio-max.html

http://id.wikipedia.org/wiki/3D_Studio_Max

http://zakkyalwan.blogspot.com/2013/03/pemodelan-dan-animasi-dengan-3d-max.html

http://nurhikmah23.blogspot.com/2012/01/pengertian-3d-max.html

http://siscaiicha-piggie.blogspot.com/2011/12/3d-studio-max.html

http://harisbahalwan.blogspot.com/2012/12/penjelasan-software-blender-serta.html

http://dmaz091292.blogspot.com/2012/11/sejarah-pengertian-dan-kegunaan-dari.html

http://muhammadkosasih.blogspot.com/2013/01/pengertian-blender.html

 

Leave a comment